Labels

Minggu, 08 April 2012

Istilah Asing Dalam IT

Dalam dunia IT banyak sekali Istilah-istilah yang asing di telinga kita. Bahkan mungkin baru sekali kita dengar atau malah belum pernah kita dengar sama sekali. Untuk itu dibawah ini ada sedikit pengetahuan tentang itu, mudah-mudahan bermanfaat. 

2,5G Teknologi tanggung sebelum menuju 3G. Pada periode ini ponsel bisa memainkan EMS (Enhanced Messaging Service) dan MMS (Multimedia Messaging Service).

3D 3 Dimensions (tiga dimensi). Tampilan gambar yang tak datar karena mempunyai kedalaman sehingga lebih hidup.

3G adalah Perangkat/ponsel yang menggunakan jaringan 3G memiliki kemampuan untuk melakukan koneksi internet atau transfer data sampai kecepatan 384 Kbps. Kemampuannya juga dapat digunakan untuk melakukan video call.

3GP
adalah Merupakan file video standar yang digunakan pada sebuah handphone. File ini merupakan hasil dari rekaman video melalui sebuah ponsel.

A-GPS
adalah Merupakan teknologi yang menggunakan server bantuan untuk memotong waktu yang dibutuhkan untuk menentukan lokasi penggunaan GPS. Berguna di daerah perkotaan atau ruangan yang banyak penghalang. Dibutuhkan 3 komponen yakni satelit, assistance server (GSM) dan receiver A-GPS. Kekurangannya masih tergantung pada coverage GSM operator.
 
AAC atau Advanced Audio Coding adalah Merupakan standar format berkas audio terkompresi. Pada umumnya audio dengan format AAC lebih baik dibandingkan format MP3 dalam bitrate yang sama. Sample ratenya sampai 96 KHz dan dua kali lebih baik dibanding format MP3.
 
Air Time adalah Merupakan sistem perhitungan terhadap durasi atau lamanya suatu panggilan telepon yang dihitung sejak saat berhasil melakukan panggilan hingga saat menutup telepon.
 
AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Layar jenis ini diklaim akan menghasilkan tingkat kehitaman lebih gelap, warna lebih cerah dan tampilan layar dapat terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung.
 
AMR atau Adaptive Multi Rate, yaitu jenis audio codec yang sudah terkompresi. Hasil rekaman pada ponsel biasanya berformat AMR. Kualitas suara yang dihasilkan kurang bagus namun dapat dikonversi menjadi format MP3.
 
APK adalah Android Package, seperti halnya IPA pada iPhone (untuk pengguna iPhone), SIS di Symbian s60, atau JAR pada BB (untuk pengguna Blackberry) dan Java based devices yang lain. Dengan kata lain file berekstensi APK bisa diinstall pada perangkat Android.
 
APN atau Access Point Name yaitu nama akses dari jaringan GPRS. APN merupakan seting dalam perangkat lunak yang dapat menghubungkan sebuah perangkat mobile seperti ponsel ke dalam jaringan internet.
 
ARPU atau Average Revenue Per User yaitu rata-rata pendapatan (dalam konteks ini adalah pendapatan yang diterima operator telpon dari percakapan dan komunikasi data) yang dilakukan oleh pelanggan.
 
AVI atau Audio Video Interlaced merupakan file video yang biasa dapat dibuka di handphone dengan menggunakan smartmovie atau dvixplayer. Di komputer file avi dapat dibuka dengan windows media player.
 
Backbone adalah Jaringan telekomunikasi utama yang terdiri dari fasilitas switching dan transmisi yang menghubungkan beberapa node akses jaringan. Link transmisi antara node dan fasilitas switching itu termasuk didalamnya microwave, kabel bawah laut, satelit, serat optik dan teknologi transmisi lainnya.
 
Bada adalah Merupakan platform/sistem operasi bikinan Samsung. Rencananya Samsung akan menggunakan OS Bada dalam setiap produk produk terbarunya. Beberapa ponsel pengusung OS Bada yakni Samsung Wave 525, 533 dan 575.
 
Binary atau Biner yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas angka 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.
 
Bit Rate adalah Suatu pengaturan yang digunakan saat melakukan kompresi file musik ke dalam format digital. Tentunya bit rate yang tinggi akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik namun juga berdampak pada ukuran file yang otomatis lebih besar.

Brew
atau Binary Runtime Environtment for Wireless yaitu suatu platform pada ponsel CDMA yang mirip dengan Java di ponsel berbasis GSM. Saat ini Brew lebih dikembangkan pada ponsel ponsel CDMA yang menggunakan chipset Qualcomm.

Browser
adalah Aplikasi untuk melihat / menjelajah internet. Untuk ponsel, ada beberapa aplikasi internet browser yang dibenamkan seperti Opera Mini (berbasis Java), Brew, NetFront dan lain-lain.
 
BSC atau Base Station Controller adalah perangkat yang bertanggung jawab malakukan pengalokasian sinyal radio ke mobile station, melakukan administrasi frekuensi dan mengatur serah terima antar BTS-BTS yang berada dibawah kendalinya.
 
BSS atau Base Station Subsystem adalah bagian jaringan telepon seluler yang bertanggungjawab menangani lalu-lintas (traffic) dan pensinyalan antara telepon bergerak dengan network switching subsystem (NSS). BSS terdiri atas dua bagian yakni Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Controller (BSC).
 
BTS atau Base Transceiver Station merujuk pada perangkat yang memancarkan dan menerima sinyal telefon radio ke dan dari sistem telekomunikasi lain.
 
Built In adalah Fitur/kemampuan bawaan yang sudah terpasang dalam suatu ponsel. Misal, Built-in modem, artinya ponsel tersebut dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi internet. Atau built in antena, artinya ponsel tersebut sudah terpasang antena internal sehingga tidak memerlukan handsfree untuk mendengarkan radio.
 
Bundling adalah Pembelian ponsel yang disertakan dengan produk tambahan dan tidak dikenakan harga tambahan alias gratis. Biasanya dalam bundling tersebut, antara produk yang dipasarkan dengan produk tambahannya saling terkait atau mendukung. Misal : membeli produk ponsel merk ini, maka akan memperoleh kartu perdana dari Operator itu secara gratis.
 
Call Baring adalah Salah satu layanan untuk mencegah/memblokir panggilan masuk ataupun panggilan keluar. Dalam hal ini, fitur dapat berfungsi untuk semua panggilan masuk, semua pangilan keluar atau panggilan internasional.
 
Call Forward adalah Atau Call Divert sebuah fitur dalam ponsel yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggilan ke nomor telepon lain atau dialihkan ke voice mailbox. Panggilan dapat dialihkan apabila ponsel berada dalam posisi mati, tidak ada jawaban, ponsel berada di luar jangkauan atau ponsel sedang digunakan/sibuk.
 
Call Hold adalah Suatu fitur dimana pengguna ponsel dapat menahan/melakukan hold percakapan yang sedang berlangsung, dan pada saat bersamaan pengguna dapat menerima panggilan lain atau melakukan panggilan lain tanpa memutuskan percakapan.
 
Call Waiting adalah Salah satu layanan/fitur di ponsel yang memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan nada peringatan pelan yang mengindikasikan adanya panggilan telepon lain yang sedang menunggu sementara pelanggan sedang melakukan percakapan.
 
Caller Photo ID adalah Suatu fitur yang dapat menampilkan foto si penelpon. Fitur ini dapat diaplikasikan apabila telah diseting/disesuaikan antara foto penelpon dengan data yang ada buku telepon.
 
Candy Bar atau sering disebut dengan ponsel bermodel batang. Hal ini merujuk pada bentuk/desain fisik ponsel yang keypad-nya berada diluar (biasanya langsung di bawah screen/layar atau ada juga yang berada di samping layar/screen).
 
Carl Zeiss adalah Salah satu merk lensa yang digunakan pada beberapa ponsel antara lain Nokia. Kelebihannya jenis kamera ini menghasilkan akurasi dan ketajaman yang lebih baik karena biasa dipakai di digital camera dan handycam.
 
CDMA atau Code Division Multiple Access, yaitu teknologi jaringan yang juga digunakan dalam dunia seluler selain GSM. Operator yang mendukung penggunaan jaringan CDMA antara lain Telkom Flexi, Esia, SmartFren, Star One dan Mobile 8.

CDMA EVDO bekerja pada jaringan CDMA, dengan teknologi ini kecepatan akses data bisa mencapai 2,4 Mbps untuk download dan kecepatan hingga 153 Kbps untuk proses upload.
 
Chat atau dalam dunia selular, chat diartikan sebagai kegiatan berkomunikasi antar sesama pemakai yang sedang online. Komunikasi disini dapat berupa teks, suara, ataupun menggunakan kamera untuk layanan video call.
 
CIF atau Common Intermediate Format. Merupakan format standar resolusi foto/video yang menunjukkan ukuran horizontal dan vertikal dalam besaran pixel. Kamera CIF mempunyai resolusi sebesar 352 x 288 piksel.
 
Clam Shell adalah ponsel model lipat. Hal ini mengacu pada bentuk/desain fisik ponsel, dimana untuk menggunakan keypad-nya harus membuka tutup depan terlebih dahulu (mirip dengan cangkang kerang). Ponsel-ponsel yang berdesain clamshell contohnya : Motorola RAZR V series, Sony Ericsson T707 atau Polytron Glozz.
 
CLDC atau Connected Limited Device Configuration. CLDC merupakan suatu spesifikasi dasar yang berupa library dan API untuk diimplementasikan dalam format platform berbasis J2ME ( Java 2 Micro Edition ).
 
Client adalah Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
 
CLIP atau Calling Line Identification Presentation, dengan fitur ini pengguna ponsel dapat memunculkan nomor telepon pemanggil pada pengguna ponsel yang dihubungi.
 
CLIR atau Calling Line Identification Restriction, dengan fitur ini si pemanggil dapat menyembunyikan nomor teleponnya sehingga tidak terlihat di ponsel si penerima telepon.
 
COMBAT atau Compact Mobile Base Station merupakan BTS bergerak. Biasanya dipasang pada sebuah kendaraan khusus dan ditempatkan pada daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. Misalnya, pada waktu ramai Mudik Lebaran. COMBAT ditempatkan pada daerah/lokasi dimana belum tersedia jaringan atau belum terpasang BTS namun pada lokasi tsb membutuhkan layanan komunikasi dalam waktu cepat.
 
Conference Call sesuai namanya, adalah suatu fitur dimana pengguna ponsel dapat melakukan pembicaraan dengan 2 orang yang berbeda dalam waktu bersamaan. Dan ketiga orang ini dapat melakukan pembicaran dan mendengarkan pembicaraan antara satu dengan yang lain.
 
Content Provider adalah Perusahaan penyedia jasa layanan berbagai konten/isi untuk telepon selular. Misalnya donwload ringtone, wallpaper, games termasuk penyelenggara Kuis berhadiah melalui sms, dll.
 
Data Cable atau kabel data ialah suatu alat yang menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain dalam bentuk kabel. Biasanya Kabel Data menghubungkan handphone dengan Komputer PC/Laptop. Kabel data digunakan untuk transmisi/transfer handphone dari dan ke komputer.
 
Data Connectivity adalah kemampuan ponsel untuk dihubungkan dengan perangkat lain seperti komputer atau ponsel yang lain. Koneksinya bisa berupa protokol tanpa kabel (wireless) seperti bluetooth ataupun melalui kabel data.
 
Decoder adalah Alat (IC) utk mengubah sinyal digital (Sinyal suara/gambar digital terenkripsi melalui GSM) menjadi sinyal analog yang siap didengarkan / dilihat di layar ponsel.
 
Digital Zoom adalah sering kita temukan pada ponsel berkamera, dimana cara kerjanya adalah membesarkan bagian gambar yang dipilih dengan melakukan manipulasi secara digital. Kemungkinan besar hasil foto akan menurun kualitas gambarnya setelah melalui proses ini, terutama pada pembesaran maksimal.

Dimensi
lebih merujuk kepada ukuran fisik suatu benda. Misalnya sebuah ponsel dengan dimensi 110x65x15 mm berarti ponsel tersebut berukuran tinngi 110, lebar 65 mm dan memiliki ketebalan 15 mm.

Divx
adalah suatu format video yang diciptakan oleh DivX, Inc. Format DivX dapat mengkompresi video menjadi ukuran lebih kecil dengan kualitas cukup baik. Banyak ponsel berfitur canggih kini sudah memiliki fitur DivX.

DLNA atau Digital Living Network Alliance, merupakan salah satu teknologi ponsel dimana koneksi antar perangkat dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan WLAN. Dengan DLNA, ponsel dapat saling bertukar konten berupa foto, musik, video antar perangkat di jaringan rumahan.
 
DNS atau Domain Name Service merupakan layanan internet yanng menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan sebagai identifikasi sebuah komputer dengan nama dan bukan dengan menggunakan alamat IP address.
 
DNSe atau Digital Natural Sound Engine. Yaitu teknologi yang dikembangkan oleh Samsung untuk mendapatkan kualitas audio prima malalui performa stereo dan suara musik yang lebih bertenaga.
 
DSL atau Digital Subscriber Line adalah teknologi yang memungkinkan penggabungan beberapa layanan, yaitu suara, data dan gambar bergerak untuk dikirimkan melalui jaringan telepon tembaga.
 
DSP atau Digital Signal Processor, merupakan komponen utama yang berfungsi melakukan koordinasi suara, sms, dan fitur pengiriman data. Kemudian chipset ini melakukan proses deteksi aktivitas suara, mengatur transmisi, dan penerimaan GSM. Sinyal suara microphone (contoh pada jaringan GSM) berupa sinyal analog yang akan dikonversi ke digital.
 
DTMF atau Dual Tone Multi Frequency. Dikenal sebagai Nada Tombol multi, dimana pada saat kita menekan keypad/tombol pada telepon akan mengeluarkan nada berbeda antara tombol satu dengan yang lainnya.

Dual Core Pada ponsel istilah ini menggambarkan teknologi prosesor yang memiliki 2 inti atau 2 otak yang bekerja. LG Optimus 2X adalah salah satu generasi terbaru ponsel yang mempunyai prosesor dual core.
 
Dual Mode adalah kemampuan sebuah ponsel dengan menyediakan 2 slot kartu dengan sistem berbeda yaitu GSM dan CDMA.
 
Dual On Sesuai namanya, ponsel dual on adalah ponsel yang dapat menggunakan 2 sistem teknologi berbeda yakni jaringan GSM - GSM atau GSM ñ CDMA. Dan kedua duanya dapat aktif dan digunakan bersamaan.
 
Dualband adalah jaringan yang hanya sanggup berjalan pada 2 frekuensi jaringan berbeda, contohnya pada jaringan 900/1800 MHz atau 850/900 MHz. Dengan kemampuan ini, selain SMS, ponsel dapat mengakses internet via GPRS.
 
DVB-H atau Digital Video Broadcast for Handheld. DVB-H lebih merupakan fungsi video streaming yang dikhususkan untuk perangkat kecil yang mudah dibawa dibawa seperti halnya smart phone atau perangkat selular.
 
E-Business Merujuk pada solusi bisnis elektronik yang mencakup layanan pembayaran elektronik, pusat data internet dan konten serta solusi aplikasi.
 
E-Commerce adalah sebuah bisnis online yang proses transaksinya menggunakan bantuan komputer. Transaksi tersebut dapat berupa penjualan dan pembelian barang serta jasa dan sistem pembayarannya dilakukan lewat jalur online. 

E-Wallet Merupakan dompet elektronik atau sebuah menu yang dapat menyimpan informasi pribadi, contohnya info kartu kredit dan dapat melakukan transaksi lewat ponsel dengan fitur wap.

EDR Singkatan dari Enhanced Data Rate, merupakan suatu peningkatan fitur pada teknologi bluetooth versi 2.0 yang mampu menghantarkan kecepatan data hingga 3 Mbit/s dengan keluaran sebesar 2.1 Mbit/s.
EVDO Kepanjangan dari Evolution Data Optimized adalah sebuah layanan 3,5 G di jalur CDMA atau dikenal juga sebagai teknologi CDMA 20001X EVDO.

Expandable Kemampuan suatu ponsel untuk dapat menambah/mengganti kartu memori, semisal expandabable up to 2 GB (dapat diganti dengan kartu memori yang mempunyai kapasitas 2 GB).
 
Expansion Slot  Slot untuk tambahan perangkat lain. Biasanya slot ini adalah untuk tambahan kartu memori eksternal (External Memory). Saat ini kebanyakan handphone meletakkan slot untuk kartu memori di samping/sisi handphone.
 
External Memori  Yaitu kartu memori tambahan yang dimasukkan ke slot ekspansi untuk menampung berbagai data (audio, gambar, foto dll). Hal ini dikarenakan memori (internal) handphone/perangkat lain yang relatif kecil yang tidak dapat lagi menampung kebutuhan data si pengguna.
 
Face Detection  Suatu teknologi ponsel yang berguna untuk memfokuskan lensa kamera pada wajah objek foto. Dengan adanya fitur ini, maka wajah objek foto menajdi lebih jelas dan mengurangi ketidakfokusan.
 
File Sistem Bagian dari firmware yang berfungsi untuk menyimpan file-file settingan / konfigurasi agar ponsel dapat digunakan sebagaimana mestinya. Adanya File sistem sekaligus berfungsi sebagai tempat internal memory dalam ponsel.
 
Firmware Software / perangkat lunak yang dibuat oleh vendor (perusahaan pembuat ponsel) untuk mengoperasikan fitur-fitur ponsel yang terdiri dari beberapa bagian yang lebih kecil.
 
Fixed Line Mengacu pada Link Transmisi nirkabel lokal menggunakan seluler, microwave, atau teknologi radio untuk menghubungkan pelanggan di lokasi tetap untuk pertukaran lokal.
 
FLAC Singkatan dari Free Lossless Audio Codec. Merupakan format berkas untuk kompresi data audio lossless. FLAC banyak disukai karena kualitas audio yang dihasilkan lebih baik dibandingkan MP3.
 
Flash Lite Dengan adanya fitur flash lite maka suatu ponsel dapat menjalankan sebuah konten berbasis flash, contoh file swf.
 
Flight Mode Sebuah fungsi pada ponsel yang memungkinkan suatu ponsel dapat dinyalakan ketika berada di pesawat namun tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi, terbatas hanya untuk bermain game misalnya atau untuk mendengarkan lagu.
 
FPS Singkatan dari frame per second. Yakni jumlah bingkai gambar/frame yang ditunjukkan dalam setiap detik. Makin besar angka fps yang dimiliki suatu ponsel, akan menghasilkan video dengan pergerakan yang semakin halus
 
FTP Adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol standar untuk kegiatan download maupun upload file antara dua komputer/ponsel yang saling terhubung dengan jaringan internet.

FWA Fixed Wireless Access yaitu suatu telepon tidak bergerak nirkabel yang merujuk pada link transmisi nirkabel lokal yang menggunakan teknologi seluler, gelombang mikro atau radio untuk menghubungkan link pelanggan di lokasi yang tetap ke sentral lokal.
FWT Merupakan singkatan dari Fixed Wireless Terminal. Yaitu suatu perangkat/alat komunikasi/telepon tanpa kabel yang dapat dipindahkan atau dibawa, namun terbatas pada area pelayanan tertentu saja. Contohnya, FWT dengan kode area Jakarta, ketika dibawa ke Bandung maka FWT tersebut tidak dapat menerima maupun melakukan panggilan telepon.
 
Gateway Suatu istilah yang digunakan sebagai tempat keluar masuk/pintu gerbang untuk saling bertukar data. Gateway juga biasa digunakan untuk menyaring data data apa saja dan siapa saja yang dapat saling bertukar data melalui pintu gerbang tersebut.
 
Geo Tagging Dengan fitur ini, foto yang dihasilkan dari kamera ponsel dapat diketahui informasinya berupa posisi data GPS (longitude, latitude, dan altitude). Dengan menggunakan GeoTag, maka anda atau orang lain dapat mengetahui letak pengambilan foto/gambar tersebut termasuk data dan waktu ketika foto diambil.
 
Gesture Control Fitur ini bekerja dengan cara mengerakkan/mengubah menu lewat kontrol gerakan. Sebagai contoh, untuk merubah lagu pada menu Walkman atau mematikan bunyi panggilan masuk cukup dengan cara mengibaskan tangan di atas layar ponsel.
 
Gorilla Glass Merupakan salah satu jenis layar yang memiliki kemampuan anti pecah. Jenis layar yang sekarang banyak diaplikasikan pada ponsel ini mempunyai ketahanan terhadap goresan benda padat seperti garpu, sendok dan lain lain. Beberapa smartphone seperti Dell Streak, Nokia E7 dan Motorola Charm sudah menggunakan teknologi layar jenis ini.
 
GPRS General Packet Radio Services yaitu teknologi jaringan untuk melakukan koneksi internet atau transfer data dengan kecepatan mencapai 115 Kbps. Class GPRS mengindikasikan perbedaan kecepatan yang dimiliki suatu ponsel. Saat ini ponsel yang memiliki GPRS class 32 adalah yang tercepat koneksinya.
 
GPS Singkatan dari Global Positioning System, yaitu sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta. Dibutuhkan 3 komponen dalam penentuan lokasi yaitu satelit, receiver GPS dan posisi yang baik (bebas halangan).
 
GSM Singkatan dari Global System for Mobile Communication adalah sebuah teknologi komunikasi yang bersifat digital. Kartu SIM yang dapat digunakan pada ponsel berbasis GSM antara lain Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan 3.
 
GUI Atau Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara pengguna dengan suatu perangkat digital seperti komputer, ponsel, MP3 player dan lain lain. GUI dimaksudkan untuk memudahkan (user friendly) dalam penggunaan suatu perangkat.
 
Hacker Adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet).
 
HDMI Dengan adanya port ini pada ponsel, maka pengguna ponsel dapat menghubungkan ponsel ke TV LCD. Hal ini berguna untuk menyaksikan tayangan video atau file gambar yang diambil dari kamera ponsel.
 
Hot Swap Dengan fasilitas ini memungkinkan kita melepas suatu perangkat dalam handphone tanpa mematikannya. Misalnya melepas memory card (biasanya berada di samping/sisi handphone) tanpa perlu mematikan handphone.
 
HTML HyperText Markup Language, yaitu bahasa standar dalam pembuatan website/situs. Sebuah website terdiri dari halaman halaman yang disebut dengan file html. Ponsel yang mendukung HTML berarti ponsel tersebut sudah dapat membuka halaman berbentuk website/wapsite.
 
Image Stabilizer Adanya fitur ini pada kamera suatu ponsel akan mengurangi dampak getaran yang terjadi akibat gerakan tangan saat pengguna menekan tombol shutter. Tentunya dengan image stabilizer, fokus gambar menjadi tidak blur dan hasil gambar lebih optimal.
IMEI Kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity, yang merupakan nomor identitas ponsel yang sifatnya unik (dalam artian tidak sama antara yang satu dengan yang lain ). IMEI sendiri mempunyai arti khusus yg menandakan pabrikan, tipe ponsel, dll.  

Inject Atau sistem suntik, ini adalah sistem/cara untuk membenamkan nomor ke dalam module NAM dalam handphone. Cara ini dilakukan terhadap handphone jenis CDMA yang tidak mendukung RUIM. Ponsel yang mendapatkan sistem inject, maka SIM cardnya diproteksi untuk satu operator tetentu dan tidak dapat diganti dengan kartu SIM lain.
Instant Messaging Sebuah teknologi dalam jaringan internet dimana para pengguna dapat mengirimkan pesan pesan singkat secara real time kepada pengguna lain yang terhubung dalam jaringan yang sama. Contohnya adalah Yahoo Messenger, Google Talk, MSN, Windows Live Messenger. Beberapa software pendukung IM antara lain mig33, eBuddy.
 
ISDN Singkatan dari Integrated Services Digital Network, sebuah standar telekomunikasi internasional untuk suara, video dan data melalui saluran telepon digital atau saluran telepon biasa. ISDN mendukung data transfer rates lebih dari 64 Kbps (64,000 bits per second).
 
Jack Port Lubang untuk menghubungkan dengan perangkat lain dengan suatu macam fungsi. Misal Jack audio, berarti lubang untuk menghubungkan handphone dengan misalnya speaker, headphone untuk mendengarkan audio baik berupa suara, musik atau radio.
 
Java MIDP Salah satu program/sistem software yang dapat ditanamkan untuk berbagai perangkat dalam hal ini ponsel tertentu. Ponsel yang telah terinstall Java, maka dapat ditambah aplikasi seperti games yang berbasis/ dibuat dengan sistem Java.
 
Kamera Sekunder Biasanya digunakan untuk layanan video call/panggilan video. Sementara ini, beberapa ponsel memiliki ukuran kamera sekunder yang beragam mulai dari resolusi CIF(352x288) piksel hingga ukuran VGA (640x480) piksel.
 
Kompresi Dalam dunia ponsel, kompresi diartikan sebagai proses memampatkan/memperkecil ukuran data. Bisa berupa data sms maupun data file termasuk file MP3, video, gambar dan sebagainya sehingga ponsel dapat memuat lebih banyak file.
 
Kustomisasi Modding yang dilakukan pada File Sistem sebuah ponsel dengan tujuan melakukan kostumisasi tampilan ponsel. Biasanya dilakukan untuk mengganti tampilan ikon-ikon menu ponsel yang standar dengan tampilan baru yang lebih menarik.
 
LAN Local Area Network adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk memungkinkan berbagi informasi. Biasanya, LAN mencakup lokasi terbatas, contohnya dalam sebuah gedung.
 
LCD Atau Liquid Crystal Display merupakan salah satu layar yang digunakan untuk segala jenis monitor termasuk layar ponsel. Layar LCD menggunakan 2 buah lembaran bahan yang dapat mempolarisasikan kedua lembaran tersebut.
 
LCD Berwarna Atau disebut Color LCD, jenis LCD ini menggunakan 2 teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix. Passive matrix menggunakan grid sederhana untuk memasok muatan ke piksel tertentu pada layar sedangkan Active matrix biasa disebut TFT (Thin Film Transistor)
 
LCD Monocrom Biasanya menampilkan gambar/teks dalam warna biru atau abu-abu tua di atas latar belakang putih ke abu-abuan. Meskipun saat ini sudah tidak ada ponsel yang menggunakan jenis LCD ini, namun Nokia CDMA 2116 adalah salah satu yang menggunakan jenis LCD ini.
 
LED Flash Adalah lampu flash yang menggunakan dioda biasa bukan layaknya lampu blitz seperti xenon Flash. Kelebihannya LED flash lebih hemat daya, namun kurang terang untuk pemotretan malam hari dibanding Xenon Flash.
 
Lithium Ion Jenis baterai yang dapat diisi ulang. Sebagian besar gadget modern termasuk handphone menggunakan baterai lithium ion. Dijuluki baterai lithium ion karena tenaga baterai ini berasal dari aliran ion-ion lithium (Li+) di dalam larutan elektrolit.
Lithium Polymer Ini adalah generasi terbaru dari battery isi ulang, keunggulannya adalah ramah terhadap lingkungan, sedang kemampuan lainnya sama persis dengan battery Lithium Ion. Li-Poly sifatnya yang liquid sehingga bisa mengakibatkan bentuk battery bisa berubah karena tekanan.
 
Login Otorisasi yang dilakukan oleh seorang pengguna dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi atau surat elektronik (e-mail).
 
LTE Lebih dikenal sebagai teknologi 4G atau Long Term Evolution. Merupakan sebuah pengembangan dari teknologi 3G dan HSDPA. Kecepatan transfer data dengan menggunakan teknologi LTE mencapai 100 Mbps untuk download dan 50 Mbps untuk proses upload.
 
Maemo Sistem operasi satu ini dikembangkan oleh pihak Nokia. OS Maemo dipergunakan untuk berbagai perangkat internet tablet maupun ponsel smartphone. Nokia N900 adalah salah satu ponsel yang mendukung dan berjalan di atas OS Maemo.
 
Market Place Merupakan toko yang menjual segala pernak pernik termasuk aplikasi, permainan, video, gambar maupun musik untuk perangkat perangkat bersistem operasi Windows Mobile. Didalamnya tersedia aplikasi berbayar namun banyak diantaranya merupakan aplikasi gratis.
 
MicroSD Salah satu jenis kartu memori dengan format flash memory dengan ukuran paling kecil saat ini dibandingkan dengan jenis katu memori lainnya.
 
MIDI Singkatan dari Musical Instrument Digital Interface yaitu file suara yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti elektronik lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.
 
MIME 2 Kepanjangan dari Multy Purpose Internet Mail Extention yaitu suatu jenis e-mail pada ponsel dengan pengoptimalan pengiriman audio, video, gambar, aplikasi maupun program.
 
MMS Singkatan dari Multimedia Messaging Service, yaitu pengembangan dari pesan SMS dimana layanan pesan tersebut dimungkinkan untuk penambahan suara, gambar, foto maupun video yang diselipkan pada suatu pesan.
 
Mobile Tracker Fitur ini berfungsi untuk melacak keberadaan suatu ponsel. Cara kerjanya, saat ponsel hilang dan kemudian dilakukan penggantian SIM. Secara otomatis, ponsel akan mengirimkan informasi berupa SMS ke nomor ponsel tertentu yang sudah dipilih sebagai nomor penerima informasi.
 
Modem Bila perangkat ini dibenamkan ke dalam fitur suatu ponsel, maka si ponsel akan dapat dipergunakan misalnya pada PC/laptop untuk koneksi secara dial-up ke jaringan internet menggunakan jalur koneksi yang dimiliki oleh ponsel.
 
MP3 Adalah MPEG Audio Layer 3 yaitu format audio yang paling dikenal oleh pengguna ponsel. Sebuah file MP3 mempunyai bitrates dari yang paling rendah yaitu 32 kbits/detik sampai ukuran 320 kbits/detik.
 
MP4 Merupakan file video yang sering ditemukan pada handphone. Aplikasi handphone yang cocok untuk membuka file jenis ini adalah real one player, pvplayer, smartmovie yang dilengkapi codec mp4.
 
MSAN Singkatan dari Multi Service Access Network atau Jaringan Layanan Multi Akses merupakan generasi ketiga dari teknologi Optical Access Network. MSAN memungkinkan TELKOM memberikan layanan triple play yaitu menyalurkan layanan high speed internet access, Voice packet dan layanan IPTV secara bersamaan melalui infrastruktur yang sama.
 
Multi Tasking Yaitu teknologi pada ponsel dimana pada waktu yang bersamaan, suatu ponsel dapat mengerjakan/membuka menu-menu berbeda pada saat yg bersamaan, contohnya ketika sedang menulis sms, si ponsel dapat sekaligus memainkan musik.
NAM Atau (Number Assigment Module) adalah module pengisian nomor telpon dan nomor aktivasi lainnya ke dalam memory handphone. Biasanya digunakan pada ponsel berbasis CDMA.  

NGN Singkatan dari Next Generation Network yaitu istilah umum yang merujuk pada jaringan berbasis paket yang mampu menyediakan layanan-layanan termasuk layanan telekomunikasi. NGN memungkinkan dalam suatu jaringan membawa berbagai tipe informasi dan layanan (suara, data, dan berbagai jenis media seperti video) yang dikemas menjadi paket-paket seperti dalam teknologi internet.
NiCD Atau Nicad Battery adalah jenis baterai isi ulang paling lama yang ada di dunia, dan karena kapasitasnya yang besar, maka battery ini dipilih untuk handphone lama yang menggunakan tenaga besar pada waktu itu.
 
No Network Coverage Suatu kondisi dimana ponsel tidak dapat menerima jangkauan sinyal jaringan telepon selular. Hal ini terjadi disebabkan misalnya ponsel berada pada ruangan tertutup rapat, atau ketika berada di suatu lokasi yang tidak terjangkau oleh sinyal jaringan dikarenakan tidak adanya BTS.
 
Nokia Life Tools Merupakan layanan pada ponsel Nokia yang mencakup informasi tentang layanan pertanian, pendidikan dan hiburan. Saat ini Nokia Life Tools memiliki cakupan layanan terbaru yaitu informasi di bidang kesehatan.
 
NSS Network Switching Subsystem adalah bagian utama dari sistem GSM. NSS menangani fungsi switching, mobility management dan mengatur komunikasi antara mobile phone jaringan telepon lain.
 
Off-Peak Berlawanan dari peak, yaitu suatu metode pengenaan tarif oleh operator yang memperhitungkan saat waktu-waktu tertentu dimana trafik komunikasi biasanya tidak terlalu ramai/padat. Misalnya pada pukul 22:00 s/d 07:00, dikenakan tarif lebih murah atau diskon dari tarif normal.
 
OLED Organic Light Emitting Diode merupakan teknologi layar terbaru yang terdiri dari titik titik polimer organik yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Kelebihannya layar OLED lebih tipis, ringan, murah dan mengkonsumsi daya yang lebih sedikit. Namun layar tidak akan terlihat jelas saat berada di bawah sinar matahari.
 
Optical Zoom Apabila ponsel memiliki fitur optical zoom maka pembesaran dilakukan oleh lensa yang biasanya terlihat bergerak keluar-masuk. Hal ini membuat kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik dibandingkan ponsel berkamera yang mempunyai fitur digital zoom.
 
OTA Singkatan dari OTA (Over The Air), merupakan pengaturan atau pengaktifan suatu layanan yang dilakukan secara otomatis melalui operator telepon yang kita gunakan. Misal, untuk melakukan setting GPRS dan MMS pada ponsel dengan cara mengirim sms dengan format tertentu dan kemudian operator mengirimkan MMS notifikasi bahwa setting MMS pada ponsel sudah diaktifkan.
 
Pairing Dalam bahasa ponsel, hal ini berarti proses saling mengenal antara 2 perangkat yang ingin saling terkoneksi misal pairing bluetooth antara 2 ponsel untuk saling bertukar file atau data.
 
PDA Adalah Personal Digital Assistant, selain sebagai alat komunikasi bergerak juga memiliki fungsi mengatur berbagai macam informasi personal yang mencakup database nama dan alamat, agenda kerja, catatan dan lain lain. PDA biasanya menggunakan stylus pen ataupun keyboard kecil sebagai media input dalam mengakses menu-menunya.
 
Peak Suatu metode pengenaan tarif oleh operator yang memperhitungkan saat waktu-waktu tertentu dimana trafik komunikasi biasanya tinggi/padat. Misalnya pada pukul 18:00 s/d 22:00, dikenakan tarif tambahan dari tarif normal.
 
PictBridge Sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat baik kamera digital atau ponsel berkamera dapat mencetak langsung hasil foto pada sebuah printer yang juga memiliki teknologi ini.
 
PIN Adalah Personal Identification Number, yaitu sekumpulan nomor/angka-angka yang berfungsi sebagai identifikasi pribadi/kode rahasia yang dipergunakan untuk masuk atau mengakses ke sebuah perangkat atau sistem.

Ponsel Slider Merujuk pada bentuk ponsel, dimana untuk menggunakan keypad utamanya harus membuka dengan cara menggeser (biasanya ke atas) posisi penutup (berupa layar dan beberapa tombol yang ada di depan). Ponsel-ponsel yang berdesain seperti ini contohnya : Nokia N81, Sony Ericsson Zylo, Nokia 6700 Slide.
 
POP3 Standar protokol yang dipergunakan untuk mengambil surat elektronik/email dari server email. POP3 berfungsi sebagai alamat email masuk (incoming server). Sebagai contoh, alamat POP3 untuk pengguna akun Yahoo adalah pop.mail.yahoo.co.id
 
Predictive Text Atau sering disebut fitur T9. Dengan fitur T9 ini membuat proses penulisan pesan menjadi lebih mudah dan sederhana karena bisa memprediksi huruf yang akan kita tulis berdasarkan pengenalan program terhadap kata-kata.
 
Proxymity sensor for auto turn off Sebuah sensor jarak pada ponsel dimana layar ponsel akan mati saat mendeteksi wajah anda saat melakukan panggilan. Hal ini akan membantu dalam hal menghemat baterai.
 
PSTN Akronim dari Public Switched Telecomunication Network yaitu sebuah pesawat telepon tetap/konvensional yang menggunakan jaringan kabel seperti milik Telkom.
 
PTT Singkatan dari Push To Talk. Ponsel yang memiliki fitur PTT dapat mendukung layanan komunikasi satu arah yang memungkinkan dua ponsel saling berbicara, seperti pembicaraan pada dua pesawat walkie talkie atau handie talkie (HT). Sayangnya operator kartu di Indonesia belum mendukung untuk layanan PTT.
 
PUK Merupakan singkatan dari Personal Unblocking Key. Jika Anda berulangkali memasukkan kode PIN yang salah pada ponsel yang diproteksi, maka ponsel tersebut akan diblokir oleh provider jaringan. Untuk membuka blokir tersebut diperlukan PUK yang biasanya terdiri dari empat sampai delapan digit angka.
 
Pull Email Mempunyai perbedaan dengan push Email dimana suatu email yang dikirimkan akan ditampung dulu ke dalam Email server dan kemudian akan dikirimkan ke penerima apabila email client atau pengguna meminta untuk dikirimkan email tersebut.
 
Push Email Pengertiannya adalah pesan email akan dikirimkan secara langsung ke email client sehingga memungkinkan si penerima menerima email tersebut secara real time. Blackberry adalah salah satu contoh perangkat yang memiliki fasilitas push email karena Blackberry memiliki server sendiri untuk melayani pengiriman email tersebut.
 
Quadband Quadband mampu menangkap 4 frekuensi gelombang radio. Frekuensi nya yaitu 850/900/1800/1900 MHz. Karena jangkauan yang luas, ponsel Quadband dapat digunakan di seluruh dunia dan dapat memakai jaringan GSM apa saja.
 
QVGA QVGA (Quarter VGA) adalah ukuran image yang popular untuk konsumsi awal kamera digital dan kamera video dengan ukuran 320 x 240 pixel (1/4 dari ukuran VGA yang berukuran 640 x 480 pixel).
 
Qwerty Sebagai media input untuk mengakses menu menu di dalam ponsel. Disebut Qwerty karena peletakan huruf-huruf pada keypad ponsel, dibuat mengikuti huruf-huruf pada keyboard komputer.
 
RAM Singkatan dari Random Access Memory, merupakan suatu perangkat penyimpanan data/sistem pada suatu alat termasuk ponsel. Data pada RAM bersifat sementara dan berupa data yang dapat dihapus.
 
Red Eye Reduction Fitur ini dapat mengurangi efek mata merah yang sering terjadi saat pengambilan foto. Efek mata merah muncul akibat adanya lampu flash yang menyala saat kamera ponsel mengabadikan objek foto.
 
Retina display Merupakan teknologi layar yang disematkan pada iPhone 4. Secara garis besar, dengan resolusi layar mencapai 960x640 piksel, tampilan layar yang dihasilkan setara dengan resolusi maksimal yang dapat dilihat retina mata manusia.

Roaming Kemampuan menerima/melakukan panggilan atau perhitungan tarif yang dikenakan kepada pelanggan dikarenakan penggunaan/pemakaian di luar area pelayanan dimana pelanggan terdaftar.
 
ROM Kepanjangan dari Read Only Memory. ROM juga merupakan bagian dari memori ponsel yang menyimpan file file sistem dari suatu perangkat. Meski mempunyai fungsi yang sama dengan RAM tetapi data ROM bersifat permanen sehingga data yang tersimpan tidak dapat dihapus.
 
RSS Singkatan dari Really Simple Syndication adalah istilah teknologi untuk melihat konten sebuah situs web. Layanan ini memudahkan pengguna Internet untuk dapat mengetahui ringkasan konten terbaru dari situs tertentu tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs tersebut.
 
RUIM Merupakan singkatan dari Removable User Identity Module. Adalah kartu identitas selular seperti SIM. Istilah ini biasanya digunakan pada ponsel ponsel berbasis CDMA.
 
Script Adalah sekumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (misal Java, VisualBasic, CGI) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah web page.
 
Shake Control Fitur ini digunakan untuk merubah berbagai menu/fungsi dalam suatu ponsel dengan cara menggerakkan tangan ke suatu arah tertentu. Sebagai contoh, untuk merubah lagu maka pengguna ponsel dapat menggerakkan lengan tangan ke arah atas atau bawah.
 
Sinkronisasi Proses menyamakan data antar perangkat. Sering dilakukan proses sinkronisasi untuk menyamakan waktu dan data. Sinkronisasi biasa dilakukan dengan menghubungkan perangkat digital seperti handphone/PDA/MP3 player dengan komputer/laptop dengan menggunakan kabel data, infrared atau bluetooth.
 
SMS Banking Salah satu layanan mobile perbankan hasil kerja sama antara operator selular dengan perbankan yang menggunakan fasilitas SMS untuk transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer, pembayaran (listrik, telepon dll)
 
SMTP Salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik/email ke sebuah server di jaringan internet. SMTP berfungsi sebagai alamat email keluar (outgoing server).
 
SNS Singkatan dari Social Network Services, yaitu suatu layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet sperti email, chatting, pesan singkat dan lain lain.
 
Soft Switch Peralatan sentral di dalam jaringan telepon yang menghubungkan panggilan dari satu telepon ke telepon lainnya melalui peranti lunak yang menjalankan komputer. Sebelumnya, tugas ini dijalankan oleh mesin dengan papan sambungan yang digunakan sebagai penghubung antar panggilan.
 
STN Super Twisted Nematic adalah jenis layar ponsel yang menggunakan sistem kawat berbentuk vertikal/horizontal untuk menerangkan suatu pixel. Rata rata ponsel CDMA masih menggunakan jenis layar ini. Kelebihannya, teknologi lebih murah dibandingkan layar TFT, namun kelemahannya pada kualitas tampilan kurang optimal.
 
Streaming Pengertiannya adalah kemampuan untuk menikmati sajian audio atau video di ponsel secara live (langsung) tanpa pengguna ponsel harus mendownload file audio dan video terlebih dahulu.
 
Stylus Pen Adalah suatu alat (berbentuk seperti ballpoint) untuk mengoperasikan handphone yang mendukung teknologi touch screen/layar sentuh.
 
Swype Text Input Adalah suatu cara penginputan dimana saat mengetikkan satu kata, pengguna tidak perlu menekan tombol keypad satu persatu. Ketika mengetik kata Smile, maka pengguna cukup memulai dari huruf S dan tanpa melepaskan keypad menelusuri huruf M,I,L dan berakhir di huruf E.

Talk Time Berhubungan dengan lamanya percakapan/komunikasi yang dihitung berdasarkan waktu penggunaan/pembicaraan. Bila dihitung dengan tarif normal, lamanya waktu talk time akan mempengaruhi pendapatan operator yang bersangkutan.
 
Task Manager Merupakan sistem bawaan pada ponsel yang berfungsi untuk mengatur dan melihat aplikasi, software atau segala hal pada ponsel yang masih aktif atau sedang digunakan.
 
TFD Akronim dari Thin Film Dioda yaitu jenis lain dari layar ponsel yang menempatkan dioda di tiap pixel layar dan menghasilkan kualitas gambar dan respon yang lebih baik dibandingkan layar jenis TFT. Konsumsi baterai rendah dan biaya lebih murah dibandingkan layar STN.
 
TFT Singkatan dari Thin Film Transistor adalah jenis layar ponsel yang menempatkan transistor di tiap pixel layar sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam, terang dan respon yang cepat. Kelemahannya bahan dasar pembuatan lebih mahal dan konsumsi baterai lebih cepat dibanding layar STN.
 
Theme Merupakan suatu kesatuan visual unik yang terdiri dari gambar latar belakang (wall paper), efek audio, icon, warna, huruf dalam sebuah aplikasi.
 
Touch Screen Suatu teknologi yang memungkinkan pengguna ponsel mengelola menu dengan cara menyentuh layar ponsel secara langsung. Metode sentuh dapat menggunakan jari atau stylus pen pada beberapa ponsel tertentu.
 
Trackball Mempunyai fungsi yang serupa dengan trackpad namun trackball berbentuk seperti bola bundar. Cara kerjanya sama yaitu menggerakkan trackball untuk menjalankan suatu perintah atau perpindahan menu.
 
TrackID Adalah suatu fitur yang akan memberitahukan nama dan artis dari track lagu yang sedang dimainkan. Rekam suatu lagu dari ponsel atau radio dan dengan menggunakan akses GPRS, informasi tantang lagu tersebut akan didapatkan dalam beberapa detik.
 
Trackpad Salah satu sistem navigasi yang berfungsi untuk mengubah/menggerakkan menu di ponsel. Trackpad bekerja dengan cara menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna. Piranti ini bekerja di beberapa perangkat teknologi lain seperti PDA, laptop maupun media portabel.
 
Triple Band Adalah jenis ponsel yang dapat berjalan di 3 jaringan frekuensi yang berbeda seperti jaringan 900 / 1800 / 1900 MHz. Ponsel tripleband memiliki jangkauan frekuensi gelombang radio yang lebih jauh sehingga kualitas suara lebih baik dibandingkan ponsel dualband.
 
TV Tuner Adalah perangkat/alat penerima transmisi stasiun televisi. Dengan perangkat ini, ponsel/PDA/laptop dapat menerima siaran televisi tanpa harus berlangganan dan tidak dikenakan pulsa.
 
USB Akronim dari Universal Serial Bus yaitu standar bus berseri untuk perangkat penghubung dari satu perangkat digital ke komputer/laptop. Namun seiring perkembangan teknologi, USB bisa dihubungkan ke perangkat lain seperti DVD Player, Mini Compo ataupun Mini Hifi Audio. Sistem USB berlaku secara 2 arah.
 
Vendor Adalah pihak/perusahaan yang mengadakan/menyediakan/mendistribusikan sekaligus memberikan garansi suatu produk barang/jasa dalam suatu wilayah tertentu.
 
VGA Akronim dari Video Graphics Array. Berbeda dengan ukuran CIF, kamera VGA mempunyai besaran resolusi berukuran 640 x 480 piksel.
 
VOD Kepanjangan dari video on Demand yaitu fasilitas video streaming lewat jalur data. Disini pengguna harus memilih dulu channel yang ingin ditonton sebelum video streaming terjadi. Yaitu seperti halnya memilih program TV sebelum menonton.

Voice Dial Dengan menggunakan fitur ini, pengguna ponsel dapat melakukan panggilan keluar lewat perintah suara. Cukup sebutkan nama orang yang ditelpon maka ponsel secara otomatis akan mengenalinya sebagai perintah untuk melakukan panggilan.
 
Voice Mail Alias fasilitas pesan suara. Fitur voice mail adalah kemampuan untuk menerima rekaman pesan suara pada saat ponsel tidak aktif, atau ketika pengguna ponsel tidak mengangkat telepon.
 
Voice Memo Fitur ini berguna untuk menyimpan catatan/memo pada suatu ponsel dalam bentuk suara. Pada beberapa ponsel, fitur ini dapat diproteksi dengan sebuah kode sehingga akan terjamin keamanan datanya.
 
VOIP Singkatan dari Voice Over Internet Protocol. Dengan menggunakan fitur VoIP, pengguna ponsel dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet. Dan tidak lagi melalui melalui saluran telepon konvensional secara analog.
 
WAP Wireless Application Protocol adalah kemampuan suatu ponsel untuk mengakses/browing pada sebuah halaman situs internet/web. Teknologi terbaru WAP sudah mengadopsi WAP versi 2 (WAP 2.0).
 
Webpage Adalah halaman yang dapat ditampilkan pada sebuah website di internet, dimana halaman tersebut dapat menampilkan, teks, gambar, suara, animasi bahkan video.
 
White Balance White Balance merupakan salah satu unsur dalam fotografi yang dikembangkan pada teknologi kamera suatu ponsel. White Balance berperan dalam memberikan suatu nuansa tertentu pada hasil eksekusi pemotretan.
 
WiFi Singkatan dari Wireless Fidelity, adalah teknologi komunikasi wireless sehingga perangkat telekomunikasi dapat saling terkoneksi dengan internet. Ponsel yang memiliki kemampuan WiFi dapat mengakses internet tanpa mengeluarkan biaya asalkan tercover akses free WiFi.
 
WiFi Tethering Lebih dikenal sebagai WiFi hotspot. Dengan teknologi WiFi tethering, ponsel yang mempunyai fitur ini dapat membagikan koneksi internet ke perangkat lain menggunakan jaringan WiFi.
 
WIMAX Kepanjangan dari Worldwide Interoperability for MicroWave Access merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses tinggi dengan jangkauan luas. Kecepatan yang dapat dihantarkan teknologi WiMAX mencapai 75 Mbps.
 
WMA Yaitu Windows Media Audio. Salah satu format yang ditawarkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3.
 
WMV Merupakan file video yang dapat dibuka pada ponsel ponsel berkategori smartphone berbasis Windows. Di komputer file WMV dapat dibuka dengan windows media player. WMV merupakan singkatan dari Windows Media Video.
 
Xenon Flash Adalah perangkat seperti lampu blitz yang membantu dalam pencahayaan kamera ponsel. Keuntungannya Xenon Flash lebih kuat/lebih terang dibanding LED flash namun boros daya.
 
xHTML Sedangkan xHTML adalah penggabungan bahasa HTML dan xML serta merupakan generasi berikut dari HTML. Jadi jika suatu ponsel sudah mendukung HTML dan xHTML maka ponsel tersebut dapat membuka halaman website dengan kedua format tersebut.
 
Xvid Merupakan codec video MPEG-4 standar. Berbeda dengan codec DivX yang hanya tersedia untuk sejumlah platform, Xvid bisa digunakan pada semua platform dan sistem operasi yang code sourcenya dapat dikompilasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar